4 Tempat Wisata Yang Ada Di Malang yang Berupa Candi

0
35

InfoWisataku.com4 Tempat Wisata Yang Ada Di Malang yang Berupa Candi. Bicara tentang wisata yang ada di Kota Malang memang tak akan pernah ada habisnya. Ada beragam jenis tempat wisata yang dapat dipilih menjadi tempat menghabiskan weekend ataupun hari libur. Ada wisata alam, wisata rekreasi, wiata religi hingga wisata sejarah. Berbicara soal wisata bersejarah, mungkin banyak wisatawan yang memilih museum dimana banyak peninggalan serta pembelajaran akan sejarah bangsa Indonesia ataupun keberagaman tradisi dan adat Indonesia. Tetepi, tidak ada salahnya jika berkunjung ke peninggalan bangunan di masa kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia. Berikut kami berikan daftar candi yang ada di Malang yang cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga khususnya anak-anak.

Menurut manfaatnya, candi dapat menjadi tempat yang berbeda-beda dalam penggunaannya. Candi biasanya memiliki ciri khas yakni menggunakan bata merah dan dibangun tanpa bantuan semen ataupun perekat lainnya. Sangat bagus untuk edukasi anak-anak tentunya.

Candi-Candi Yang Ada Di Malang

Candi-Candi Yang Ada Di Malang

Berikut daftarnya ;

1. Candi Badut

  • Lokasi : Jalan Candi 5D, Karangdiworo, Dau, Kota Malang
  • Biaya Tiket Masuk : Rp.- alias tanpa dipungut biaya
  • Jam Operasional : buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00

Candi Badut ini ditemukan pada tahun 1921, yang pertama kali menemukannya adalah seorang kontrolir bangsa Belanda yang bekerja di Malang yang bernama Maureen Brecher. Menurut beberapa sumber menyebutkan bahwa bangunan candi sebenarnya lebih besar dari yang saat ini bisa kita lilhat. Bentuk candi yang masih berdiri ini hanya merupakan bagian kaki dari keseluruhan candi Badut.. Menurut perkiraan usia candi telah berusia 1400 tahun dan diyakini sebagai peninggalan Prabu Gajayana, penguasa Kerajaan Kanjuruhan.

2. Candi Singosari

  • Lokasi : Jalan Kertanegara No.148, Candirenggo, Singosari, Malang
  • Biaya Tiket Masuk : Rp.- tanpa dipungut biaya
  • Jam Operasional : buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00

Diperkirakan, Candi Singosari telah ada sejak 1300 M. pada mulanya, candi ini dipersembahkan untuk menghormati Raja Kertanegara dari Singosari. Di zaman Belanda, candi ini pernah dipugar namun belum secara menyeluruh, hal ini terbukti dari pahatan yang hanya ada di bagian kaki candi serta arca disekeliling candi yang belum dikembalikan ke tempatnya semula. Candi Singosari memiliki banyak arca yang masih utuh dan dapat dinikmati sebagai lahan edukasi ataupun untuk rekreasi.

3. Candi Kidal

  • Lokasi : Jalan Candi Kidal, Kidal, Tumpang, Malang
  • Biaya Tiket Masuk : Rp.- tanpa dipungut biaya
  • Jam Operasional : buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00

Candi Kidal adalah salah satu peninggalan Kerajaan Singasari yang dibuat untuk menjadi bukti atas jasa-jasa besar Raja Kedua yang bernama Raja Anusapati selama 20 tahun memerintah kerajaan. Candi ini juga termasuk salah salah satu candi paling tua yang masih ada di Jawa Timur. Arsitektur candi yang unik dengan bentuk tubuh candi yang lebih kecil disbanding atap maupun kaki candi membuat banyak orang tertarik berkunjung untuk melihat keistimewaan bangunan candi.

4. Candi Jago

  • Lokasi : Jalan Wisnuwardhana, Tmpang, Malang
  • Biaya Tiket Masuk : Rp.- tanpa dipungut biaya
  • Jam Operasional : buka setiap hari mulai pukul 08:00 hingga 16:00

Candi Jago didirikan pada masa Kerajaan Singasari pada abad ke -13. Candi ini sangat unik sebab bagian atas candi hanya tersisa sebagaian karena tersambar petir menurut cerita warga setempat. Pembangunan Candi Jago ini diperintah oleh Raja Kertanegara sebagai penghormatan bagi ayahhandanya Raja Singasari ke-4 Sri Jaya Wisnuwardhana.

Itulah wisata yang ada di Malang yang mungkin dapat menjadi sumber pembelajaran Anda. Namun, tetap harus diingat agar kita tetap melestarikan cagar budaya. Dan diharapkan bagai pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan ataupun mencoret dinding candi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here